Manfaat buah cabai untuk kenari

Published 17 April 2016 by loewongankerja

Manfaat Cabe Untuk Kenari – Cabai atau sering disebut Cabe mengantongi banyak kandungan vitamin C dan betakaroten atau provitamin A. Kandungannya ini lebih tinggi dibanding buah-buahan seperti jeruk, mangga, nanas serta semangka. Bahkan juga kandungan mineral yang ada dalam cabe rawit, khususnya kalsium dan fosfornya bisa mengalahkan daging ikan segar. Tetapi vitamin C yang ada pada cabe hijau lebih kaya apabila dibanding dengan cabe rawit.

Ada banyak jenis cabe, yakni cabe merah besar, cabe merah keriting serta cabe rawit. Kita ketahui seluruhnya pedas, tetapi yang paling pedas yaitu cabe rawit. Untuk itulah mengapa Cabai rawit dikatakan sebagai rajanya rempah-rempah. Rasa pedas yang terkandung di dalam cabe rawit disebabkan oleh suatu zat bernama capsaicin yang ada di dalam biji cabe rawit.

Bagi pecinta kicau mania yang belum tentu paham dengan khasiat dan mafaat cabai ini untuk kenari, di bawah ini adalah liputannya:

Manfaat cabe untuk kenari

Kicau mania zaman dulu percaya cabe rawit dapat mengurangi kolesterol terdapat pada biji yang di konsumsi kenari. Selain itu,dengan mengkonsumsi cabe rawit juga maka akan mampu membakar kalori dalam tubuh kenari.

  1. Cabai rawit membantu mengobati beragam jenis penyakit disebabkan infeksi, karena cabe mempunyai karakter antijamur.
  2. Cabe dapat menambah nafsu makan kenari. Dikarenakan, capsaicin bisa merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang dapat menghidupkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Maka, nafsu makan kenari menjadi semakin tambah.
  3. Cabai rawit dapat juga membantu perkembangan bulu kenari. Salah satunya alasan paling utama dari problem bulu rontok sendiri adalah dikarenakan penurunan aliran darah (darah tidak lancar).
  4. Cabe bisa meredakan pilek dan hidung tersumbat dikarenakan capsaicin bisa mengencerkan lendir. Maka, lendir yang tersumbat dalam rongga hidung kenari dapat jadi encer dan keluar. Karena itu, hidung kenari jadi tak tersumbat lagi.
  5. Cabe menghasilkan vitamin C (lebih banyak dari pada jeruk) dan provitamin A (lebih banyak dari pada wortel) yang benar-benar dibutuhkan untuk pertumbuhan badan kenari.

Khasiat cabe untuk kenari

Dalam takaran yg tidak terlalu berlebih, makanan pedas bahkan juga berguna untuk kesehatan  lambung kenari. Capsaicin dapat mengurangi asam lambung serta berperan sebagai antiinflamasi.

Menyembuhkan Luka – Dengan buah cabe ternyata bisa menyembuhkan luka pada burung terutama burung kenari, riset mengatakan “buah cabe sangat penting dalam pembentukan sel baru” jadi buah cabe yang sudah matang sangat ampuh untuk mengobati luka pada burung kesayangan anda.

Untuk penyembuh luka, cabe merah yg dikeringkan dan ditumbuk hingga halus kalau ditaburkan pada luka bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Ini disebabkan ada zat capsaicin pada cabe merah yang melenyapkan rasa sakit.

Menururunkan demam / sakit – Selain menyembuhkan luka daun cabe juga mampu menurunkan burung yang sedang sakit/demam.

Untuk burung yang sedang sakit, Anda bisa mengambil 2/3 helai daun cabe kemudian tumbuk hingga halus, setelah halus hasil dari tumbukan cabe tadi masukkan kedalam penyemprotan mandi burung atau anda bisa memasukan tumbukan tadi kedalam bak/tempat burung sering mandi. Setelah burung selesai mandi langsung di jemrkan ini gunanya supaya bulu dan badan burung cepat kering. Proses ini lakukan setiap hari sampai burung sembuh total.

Mungkin itulah sedikit tips manfaat daun cabe untuk kenari , jangan sampai kenari anda kurus dan kurang nafsu makan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: