Jenis Burung Murai Batu Yang Ada Di Indonesia

Published 17 April 2016 by loewongankerja

Murai Batu adalah salah satu jenis burung yang mempunyai kicauan yang sangat merdu, dan juga merupakan salah satu burung yang populer dikalangan pecinta burung dan kicau mania. Burung ini juga memiliki postur tubuh yang dinamis dan elegan. Tidak heran jenis burung murai batu ini semakin banyak diminati oleh para pecinta burung.

Jenis Burung Murai Batu Yang Ada Di Indonesia
Murai Batu Medan

Murai batu sudah menyebar luas di Asia, dimulai dari asia selatan yaitu India, Nepal, Srilangka, dsb, serta di Asia tenggara juga amat banyak, salah satunya ada di negara Malaysia, Thailand, serta termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri penyebarannya paling banyak ada di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Di setiap pulau itu ada bermacam tipe murai batu yang mempunyai karakter fisik serta suara yang tidak sama.

Murai batu sangat beragam jenisnya, di Indonesia ada terdapat setidaknya 5 jenis burung murai batu yang populer, diantaranya :
1. Murai Batu Medan

Murai Batu Medan
Murai Batu Medan

Burung ini banyak diketemukan di daerah Bukit Lawang, Bohorok, kaki Gunung Leuser lokasi Sumatra Utara atau di medan, maka dari itu penamaan murai ini di imbuhkan dengan daerah aslinya. Murai Medan yaitu burung kicau yang kicaunya termasuk juga paling baik diantara jenis murai batu yang lain. Ciri-ciri murai medan adalah : Murai batu medan, Bukit Lawang, Bohorok, kaki G Leuser wilayah Sumatra Utara. Panjang ekor 27 – 30 cm. sebagai berikut :

  • Mempunyai ekor tipis-lentur melengkung kebawah, sekitar 27- 30 cm.
  • Variasi lagu kicauan indah & banyak.
  • Daya tempur dahsyat-ngotot-mental baja dengan volume dan variasi suara diatas rata-rata

2. Murai Batu Nias

Murai Batu Nias
Murai Batu Nias

Ciri yg khas dari murai nias ini yaitu warna ekornya yang berwarna hitam seluruhnya tak ada bulu putih seperti burung murai yang lain. Murai Nias memiliki volume yang keras. Mental tarung bagus serta variasi nada yang banyak, Tetapi bila di tarungkan dengan murai yang lain (ekor hitam-putih) kerapkali kalah mentalnya. Murai batu nias juga voume suaranya keras serta lantang, dan mempunyai mental yang juga kuat. Tetapi, anehnya murai batu ini kurang percaya diri apabila berjumpa dnegan murai batu yang mempunyai ekor berwarna hitam putih. cirinya sebagai berikut: Murai Aceh/Nias, di kaki G Leuser wilayah Aceh. Panjang ekor 27 – 30 cm.

3. Murai Batu Lahat

Murai Batu Lahat
Murai Batu Lahat

Murai batu lahat adalah satu diantara burung murai batu dari sumatera yang disukai oleh pengagum. Ciri-Ciri murai batu lahat yaitu memiliki ekor yang panjangnya 18-23 cm, ekornya ada yang tipis dan tebal, variasi suara yang banyak, dan bermental bagus. murai batu tipe ini mempunyai ekor yang panjang tetapi lebih pendek dari ekor murai batu medan.

4. Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung
Murai Batu Lampung

Burung ini memiliki ekor cukup pendek kurang lebih 12 – 18 cm serta biasanya keras dan kaku. Memiliki daya tempur yang cukup bagus. Mentalnya dapat sangatlah bagus bila perawatannya benar. Variasi nada basic condong ngeban atau mengulang nada yang sama berulang-kali, butuh pemasteran yang baik untuk menutupi kekurangannya. Keunggulan yang menonjol di antara urai yang lain yakni staminanya waktu berlaga, murai lampung condong memiliki stamina yang baik (tak gampang capek) dalam melantunkan lagu-lagu ngerol, benjolan (besetan) kurun waktu lama. Style waktu bertarung kurang, tak seperti murai ekor panjang yang memiliki style-gaya spesifik waktu berkicau. Baca Tentang Murai Batu Lampung

5. Murai Batu Borneo Asal Kalimantan

Murai Batu Borneo Asal Kalimantan
Murai Batu Borneo Asal Kalimantan

Murai batu yang popular selanjutnya datang dari pulau Kalimantan, tepatnya datang dari lokasi Borneo. Nah, murai batu Borneo ini ekornya cukup pendek, cuma 8 hingga 13 cm saja. Tetapi, murai batu ini mempunyai karakter yang unik, yakni disaat bertarung, jadi senantiasa membusungkan dadanya seolah-olah petarung sejati. Mempunyai karakter yang agresif serta senantiasa ngotot, sedang untuk suaranya kerapkali mengulang-ulang, serta supaya kurang kristal.

Itulah tadi tentang 5 jenis burun murai batu yang ada di indonesia, semakin banaknya burung murai batu di pelihara maka semakin sedikit populasi dari burung ini ada baiknya jika anda mau ternakkan burung murai batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: