Cara Beternak Murai Batu

Published 17 April 2016 by loewongankerja

Cara Beternak Murai Batu – Burung murai batu ini sangatlah digemari oleh banyak penghobi burung. Jenis murai batu yang paling banyak di cari yang aslinya dari hutan Sumatra (dengan sebutan murai medan, lampung sampai murai aceh) untuk jenis murai dari lokasi Kalimantan kurang diminati dan harga jualnya masih tetap relatif di bawah dibanding dengan jenis murai yang datang dari Sumatra.

Cara Beternak Murai Batu
Ternak Murai Batu

Bedasarkan pengalaman banyak peternak murai batu, cara beternak murai batu terdapat beberapa tahapannya, yang perlu di perhatikan dalam memerankan usaha ternak ini, agar sukses tentunya. Terlebih untuk Anda seseorang pemula yang mau cobanya.

Kesuksesan usaha ternak burung murai batu, tak terlepas dari pengetahuan Anda sendiri dalam melakoni usaha tersebut . Pemahaman serta wawasan mesti Anda punya, agar usaha ternak yang anda lakukan bisa jalan sama sesuai harapan.

Cara Berternak Murai Batu

Cara beternak murai batu susah-susah gampang. Bila Anda mau mencoba maka ada prasyarat yang perlu anda penuhi yaitu ; keterampilan, keuletan, kecermatan serta kesabaran. ini adalah langkah dan tahapan yan perlu anda siapkan :

Lokasi  – Tempat atau lokasi dimana sang pengantin akan di buatkan rumah ada dimana. Tempat yang ideal semestinya juga harus aman dari ganguan binatang liar ataupun pencuri.

  • Baiknya tempat kandang yakni ada didekat rumah baik dihalaman samping, depan maupun belakang, dan dapat pula menyewa tempat untuk pembuatan kandang ternak murai.
  • Upayakan ditempat utk penangkaran tak ada burung lain yang bisa menggagu serta bahkan juga bikin burung mejadi geram serta tidak ingin bereproduksi
  • Janganlah pilih tempat seperti dekat dengan pabrik, bengkel, maupun sangat bising dengan hilir mudik kendraan bermotor.

Kandang atau rumah penangkaran – Untuk membuat dan mendekorasi kandang anda dapat melakukanya sesuai dengan kemauan anda.
> Pembentukan kandang sesuai sama tempat yang sudah anda siapkan sebelumnya, dengan ukuran minimum 90x90x180 cm, maupun bisa sesuai dengan kemauan anda.
> Bentuk kandang yang baik yaitu mempunyai dasar langsung dengan tanah atau dapat pula dengan pasir yang sedikit digabung dengan kapur, berperan untuk mengontrol keasaman kotoran yang bisa mengakibatkan kandang jadi lembab yang menyebabkan banyak penyakit.
> Kandang mesti disekat di buat dengan tembok, triplek atau penyekat lainya, supaya suhu di dalam kandang terus terjaga serta terlepas dari ganguan tikus ataupun burung lainya.
> Dalam pembuatan kandang utk ternak murai mesti diberikan ruangan terbuka untuk kandang mendapatkan penyinaran cahaya matahari yg tutup dengan strimin, dikarenakan penyinaran sangatlah baik untuk mejaga kesehatan burung.
> Usahakan kandang terlindung dari hembusan angin yang kencang, dikarenakan hal semacam ini bakal melindungi kenyamanan burung jadi tdk mudah kaget.
> Kandang yang baik semestinya diberikan aliran air untuk minum burung, diluar itu dengan andanya aliran air bisa membuat burung jadi makin nyaman seperti di alam bebas.
> Siapkan sarang untuk tempat bertelur burung. Sarang yang disiapkan usahakan janganlah cuma satu macam tetapi baiknya siapkan 2-4 jenis. Maka burung dapat pilih sarang mana yang pas untuk burung itu.
> Untuk melindungi suhu ketika musim hujan, di dalam kandang disiapkan lampu ukuran 5/10 watt yang memiliki fungsi sebagai penerangan pada malam hari.

Memilih pengantin baru – Yang paling penting dalam menangkarkan yakni langkah menentukan indukan. Untuk indukan Jantan pastikan pejantan yang bermutu yaitu memiliki suara keras, tdk cacat fisik ataupun mental, pejantan mesti berusia minimum sua tahun, dan juga tidak giras (jinak), postur tubuh yang ideal. baca (cara memilih indukan murai batu yang baik)

Menjodohkan – Satu diantara proses yang paling rumit dalam beternak murai batu yaitu proses penjodohan, dikarenakan calon induk jantan dan betina yang kelihatannya kelihatan sudah berjodoh, dapat saja sama sama membunuh saat disatukan dalam kandang penangkaran. selanjutnya panduan langkah menjodohkan Murai batu jantan serta betina (cara menjodohkan murai batu )

Pemberian Pakan Murai Batu –  Cara beternak burung murai batu yang baik, maka Anda mesti memerhatikan pakan alami pada burung murai, yang berupa serangga seperti jangkrik, cacing, ulat hongkong dan telur semut rangrang (kroto).   Pemberian tambahan pakan seperti voer juga mesti disiapkan supaya menjaga burung terus tesedia pakan, dikarenakan ketika pakan seperti serangga tidak ada atau kehabisan di kios pakan burung, murai batu terus dapat diberikan makanan pokok yaitu voer.

Cara Beternak murai batu ekor panjang kelihatannya mudah, tetapi ketekunan dan kesabaran mesti sungguh-sungguh Anda miliki. Karena kesuksesan itu tidaklah instan, akan tetapi diperlukan proses. Jadi kala burung yang anda ternak belum produksi dalam kurun waktu 5 bln. itu wajar, tak ada peternak yang mendadak sukses seluruhnya bermula dari ketekunan dalam usaha. baca jugacara membedakan murai batu jantan dan betina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: