Opera Mini 7 Lebih Hemat Bandwidth

Published 12 Agustus 2012 by loewongankerja

Opera Mini 7 yang masih bersaudara dengan Opera Mobile 12 ini sekarang miliki kemampuan lebih cepat ketimbang versi ke-6. Secara khusus opera memang merancang versi ke tujuh ini untuk mereka yang berjalan pada bandwidth terbtas dengan perangkat mobile tidak terlalu bagus misalnya hanya menjalankan sistem operasi Android 1.5 keatas. Opera mengklaim bila Opera Mini 7 hanya membutuhkan sepersepuluh bandwidth dari browser ponsel biasa.

Terdengar seperti gurauan, tapi benarkah demikian ? Kita lihat saja nanti. Opera Mini 7 ini sudah mendukung flash dan HTML5 bila koneksi yang kita gunakan menggunakan bandwidth unlimited atau Wifi bisa dicoba. Pesaing paling kuat dari opera mini, Dolphin Mini 2.2 mampu merender halaman dengan kecepatan seperti siput, tetapi kita bisa mendapatkan seluruth tampilan multimedia di halaman browser.

Opera Mini 7

Opera Mini 7

Kedua versi Opera Mini dan Mobile sudah berada dijalan yang benar. Menginstall keduanya merupakan pilihan yang tepat, apalagi Opera Mini 7 dapat menampilkan halaman dengan sempurna dan cepat. Memiliki bar navigasi dibagian bawah lebih pas dan bersih juga dapat menampilkan tab dengan miniatur halaman. Meski minimalis dapat menampilkan halaman dengan mode full screen serta memberikan pilihan user agent untuk mobile atau versi desktop. Kedua user agent tersebut dapat tampil maksimal pada layar smartphone khususnya Android yang memiliki ukuran diatas 3 inchi.

Tak seperti Firefox mobile atau dolphine, Opera justru mengusung kolom pencarian berbeda dengan url. Namun dapat memberikan satu kelebihan, kita bisa menentukan mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan Wikipedia dengan mudah. Perbedaan inilah yang menjadi nilai tambah tersendiri bagi browser mobile besutan Opera.

Speed Dial Opera Mini 7

Dihalaman utama, kita akan disuguhi oleh menu Speed Dial, fungsinya sebagai shortcut untuk mengakses web favorit. Cara memasukkannya mudah, tekan dan tahan lalu klik add favorit. Fitur yang cukup pintar dan banyak digunakan oleh browser desktop saat ini seperti safari dan chrome diikuti oleh firefox beberapa waktu lalu juga menggunakan fitur Speed Dial seperti ini. Bedanya kita harus menentukan dan menambahkan sendiri berbeda dengan versi desktop yang secara otomatis mengisi Speed dial karena seringnya kita mengakses web tersebut.

Sampai saat ini Opera sudah merilis versi 7.0.3 yang bisa kita download secara gratis di Google Play sedangkan untuk iOS dan Symbian masih belum dapat mengetahui perkembangannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: