Cara menstabilkan koneksi internet modem cdma gsm

Published 2 Mei 2012 by loewongankerja
antena cdma 800mhzJika kalian berada di daerah yang jauh dari jangkauan sinyal dan sering mengalami koneksi modem  CDMA yang terputus-putus?Solusi untuk menstabilkan koneksi cdma yang sering terputus adalah menggunakan antena 800mhz.Antena yang satu ini juga cocok di gunakan untuk mengatasi gangguan koneksi modem gsm.Aku sendiri juga menggunakan modem cdma prolink p2000 yang sebenarnya cukup handal,namun lokasiku yang terpencil memaksaku untuk menggambil tindakan extreem dengan membuat antena untuk menstabilkan koneksi modem cdma.Dan hasilnya sangat bagus,indikator sinyal tak pernah bergeser dari nilai full.Pembuatan antena relatif gampang:
Berikut ini type antena yang akan kita buat:
1. Rentang frekuensi:
Antena  mencakup frekuensi dan Extended Standar GSM 900 band (880 Mhz – 960 Mhz) dan juga frekuensi 1800 Mhz – 1250 Mhz.
2. Ukuran:
Antena berukuran kecil, kompak, ringan dan mudah dibawa atau mudah di bongkar pasang sehingga cocok digunakan untuk koneksi rumah dan mobile.
3. Keuntungan:
Antena kita dapat mengubah parameter untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik, parameter sinyal dapat digunakan untuk benchmark dengan software bawaan (dialer) modem atau Handphone.
4. Bahan:
Antena kita  mudah dibuat dengan bahan-bahan yang tidak terlalu sulit untuk mendapatkan.

Sedikit Matematika 

MLP hal yang paling penting adalah pembangunan antena cdma. Ukuran custom-made berdasarkan jarak (titik) yang sama antara gelombang pertama (dalam matriks). Ukuran jarak dirujuk sebagai “panjang gelombang”sebagaimana diukur ? unit MLP (lambda). Untuk detail silahkan lihat gambar di bawah ini:
Radio perhitungan jumlah panjang gelombang adalah kecepatan cahaya dibagi dengan frekuensi dalam Hertz, maka dihasilkan “satu panjang gelombang penuh”
untuk menghitung satuan panjang gelombang, kita memerlukan parameter berikut:
Panjang gelombang (?) = kecepatan cahaya / frekuensi
Siapa yang akan kita membuat antena mempunyai frekwensi tengah (pusat freq) 920 Mhz maka perhitungan adalah:
Panjang gelombang (?) = 299792458 / 920000000 = ~ 0,325861367 = ~ 0326 meter
Panjang gelombang ke 920 MHz adalah sekitar 0326 meter. Sinyal ini tidak akan beresonansi dengan frekuensi yang diinput, maka untuk membuat dalam rangka “bergetar” di udara terbuka, panjang gelombang harus disesuaikan dengan parameter “panjang gelombang terhadap diameter” tapi aku tidak akan membahas secara rinci di sini, dapat disimpulkan bahwa untuk bisa bergetar maka panjang gelombang harus ditambahkan untuk 5% dari panjang gelombang yang ada. Lalu kita bisa mengukur antara 0310 meter atau 310 milimeter.
BENTUK ANTENA :
Berikut ada beberapa bentuk desain antena, seperti yang terlihat pada gambar:
Di sini kita akan membahas dua model antena yaitu Monopole (omni directional = segala arah) dan Yagi (bidirectional = satu arah)
Monopol desain:
Monopole atau Omni dibuat berdasarkan hitungan 1 / 4 antena panjang gelombang terdiri dari satu elemen yang berdiri secara vertikal di papan atau media atau jari-jari yang sebagai tanah (bumi). Antena ini memiliki sinar ke segala arah. dapat dilihat dua bentuk monopole desain dengan menggunakan elemen solid dan elemen jari di tanah (bumi) untuk memvisualisasikan bentuk kata kerja ini antena monopole, kita dapat menggunakan numerik elektromagnetik Code (NEC2) perangkat lunak pemodelan antena yang cukup banyak membantu dalam merancang antena. Biasanya dapat Anda gunakan untuk monopol superscript xnec2c di C dan memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI) yang ditulis dalam GTK +
Berikut ini ditampilkan dalam tampilan layar yang menampilkan dua buah antena monopole bentuk yang berbeda dengan menggunakan perangkat lunak aplikasi:
Program NEC2 yang bekerja teks berisi masukan rinci dari berbagai informasi tentang pembangunan sistem antena yang akan kita buat, di sini antena monopole dapat dilakukan dengan file gsm input-900_monopole.nec dan mungkin jika Anda memiliki sedikit waktu bisa juga mengedit dan Masukan parameter2 yang berbeda untuk membuat antena dengan alokasi freq yang berbeda.
Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Antena Yagi CDMA 800-MHz Sistem Induksi :
  1. Batang alumunium persegi ukuran 1-cm x 2-cm panjang sekitar 100-cm berfungsi sebagai Boom
  2. Kawat kuningan diameter 2,5-mm secukupnya. Berfungsi sebagai elemen antena Yagi. Kawat ini biasa digunakan untuk bahan Las dan Anda dapat membelinya di toko-besi
  3. Kotak sambungan kabel Telepon. Kotak ini berfungsi sebagai tempat Driven dan penyambungan Kabel Coaxial
  4. Manik-manik Isolator Transistor berfungsi untuk mengisolasi/memisahkan antara kawat elemen dan Boom Alumunium supaya tidak ada hubungan secara mekanik dan elektrik
  5. Kabel Coaxial 50-ohm atau 75-ohm sepanjang 10-m s/d 15-m
  6. Kawat Email penampang 1-mm secukupnya. Kawat ini digunakan untuk membuat Kumparan Induksi Sinyal bagi Modem CDMA atau GSM(boleh ditinggalkan)
  7. Klem Antena untuk menggabungkan antena dengan tiang penyangga
  8. Isolasi secukupnya
  9. Lem Bakar secukupnya
  10. Lem G atau Alteco secukupnya
Nah untuk langkah-langkah cara pembuatannya saya kira tidak usah saya jelaskan. Yang jelas untuk membuat Antena Yagi CDMA 800-MHz Anda membutuhkan peralatan berupa Bor, Solder, Gergaji Besi, Tang Potong dan peralatan penunjang lainnya.
Pemasangan pada modem,kabel antena cukup di tempelkan ke body modem.
Cara yang mudah adalah dengan menempelkan kabel antena tv ke ground modem tapi kita harus mencari kabel usb untuk sambungan modem lalu modem di taruh menjauh dari pc.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: