10 Cara Mengamankan Blog WordPress dari Hacker

Published 2 Mei 2012 by loewongankerja
Mengamankan blog wordpress adalah hal yang paling penting dan menurut Budhe wajib di lakukan bahkan sebelum melakukan kegiatan blogging apapun.
Setelah selesai membuat blog,tidak boleh ada alasan bagi Sob untuk meninggalkan WordPress terbuka lebar bagi hacker untuk menyelinap masuk dan mencuri informasi dan / atau menghancurkan data.
Berikut ini cara mengamankan blog wordpress dari Hacker,setidaknya ada 10 tips.

1. Enkripsi login

Setiap kali Sob mencoba untuk login ke halaman admin, password akan dikirim dengan tidak terenkripsi. Jika Sob berada di jaringan publik, hacker dengan mudah bisa ‘mengendus’ data login menggunakan sniffer jaringan. Cara terbaik adalah untuk mengenkripsi login adalah dengan pluginChap Secure Login. Plugin ini menambahkan hash acak untuk password dan otentikasi login denganprotokol TCP.

2. Hentikan brute force attack

Hacker dapat dengan mudah memecahkan sandi login dan menggunakan credential brute force attack. Untuk mencegah hal itu terjadi, Sob dapat menginstal plugin login lockdown. Plugin ini mencatat alamat IP dan timestamp dari setiap yang berusaha login ke wordpress kamu dan gagal. Setelah sejumlah usaha yang gagal terdeteksi,secara otomatis akan menonaktifkan fungsi login untuk semua permintaan dari IP bersangkutan.

3. Gunakan password yang kuat

Pastikan menggunakan kata sandi yang kuat yang sulit ditebak orang lain. Gunakan kombinasi angka, karakter khusus dan kombinasi huruf besar dan kecil.

4. Lindungi folder wp-admin

Wp-admin adalah folder berisi semua informasi penting dan merupakan lokasi yang tidak boleh ada satupun yang dapat mengaksesnya. Gunakan AskApache Password Protect untuk melindungi direktori dengan password dan memberikan hak akses hanya untuk admin yang berwenang saja.

5. Hapus informasi versi WordPress

Hampir semua theme wordpress memberikan informasi versi WordPress dalam meta tag.Hacker dapat dengan mudah mendapatkan pegangan dari informasi ini dan membuat rencana serangan yang tepat.
Sejak wordpress 2.6,versi wordpress secara otomatis di masukkan di bagian Wp_head,untuk mengatasinya sob harus menginstal plugin WP-Security Scan plugin.

6. Sembunyikan folder plugin Anda

Coba buka url blog sob seperti ini :  http://domainkamu.com/wp-content/plugins ,jika masih terlihat daftar plugin yang kamu pakai, upload file index.html kosong ke direktori plugin.
Buat saja dengan notepad: klik kanan>>New>>Text Docoment lalu simpan dengan nama index.html.

7. Username dan alamat email

Jangan gunakan default username “admin” sebagai login dan jangan menggunakan email yang sudah pernah di ketahui orang lain.Buat username yang sulit dan berbeda dengan nama author yang sob pakai.

8. Update secara rutin wordpress dan semua pluginnya jika ada peringatan

WordPress dan plugin yang tidak update  sangat rentan Hacker.

9. Backup database rutin

Tidak peduli seberapa aman blog sob, persiapkan untuk yang hal-hal terburuk. Instal plugin  wp-database-backup dan jadwalkan untuk backup database setiap hari.

10. Tentukan hak akses pengguna

Jika ada lebih dari satu admin di blog,sob dapat menginstal plugin role-manager untuk menentukan kemampuan dari setiap kelompok pengguna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: