Cara Mendaftarkan Blog ke Alexa (Step by Step Tutorial)

Published 4 April 2012 by loewongankerja
daftarkan blog di alexa - widget alexa rank
Posting ini merupakan tutorial cara/langkah-langkah mendaftarkan blog/website di Alexa. Mendaftarkan blog di Alexa merupakan salah satu cara untuk mendapatkan audit dasar untuk mengetahui perkembangan traffic blog/website. Untuk informasi lengkapnya silakan simak “Apa itu Alexa?” Baru memiliki blog ataupun memiliki rank alexa yang masih rendah bukan masalah. Justru, hal itu akan memberikan gambaran tentang kualitas blog anda dan memacu anda lebih bersemangat lagi. Betul?
Berikut langkah-langkah pendaftaran blog/website di Alexa secara detail:
1. Masuk ke Alexa.com.
2. Kemudian pilih tab ‘Site Tools’.
3. Klik ‘Claim Your Site’.
4. Masukkan url blog/website anda, kemudian klik ‘Claim your site’.
5. Daftar terlebih dahulu untuk login, atau untuk praktisnya bisa langsung login dengan account Facebook yang terletak di sebelah kanan form login.
 
 6. Kemudian masuk ke halaman verifikasi. Terdapat dua cara, yaitu dengan mengupload HTML ke direktori root blog (ini jika anda punya hosting sendiri) atau masukkan meta key Alexa yang terdapat pada opsi kedua. Gunakan opsi kedua agar lebih cepar dan mudah. Caranya: copy meta key-nya dan paste di template HTML anda. Letakkan di antara <head> dan </head>, agar cepat termuat letakkan di bagian atas (dekat <head>) setelah meta keyword dan meta description blog anda. Kemudian save template.
 
 
7. Kembali ke halaman Alexa tadi dan klik ‘Verify my meta tag’. Jika berhasil akan ada informasi yang menunjukkan bahwa anda telah berhasil meng-klaim blog anda.
8. Dapatkan widget Alexa untuk dipasang. Masuk ke ‘Site Tools’ lagi dan pilih ‘Alexa Site Widgets’. 
 9. Ada beberapa jenis widget disana, anda tinggal memilih mana yang mau anda pasang di blog, masukkan url blog, dan copy kodenya.
10. Masuk ke halaman design >> page elements, klik add gadget,  dan pilih add HTML/Javascript, paste kode ke dalam kolomnya, dan save. Letakkan di sisi halaman yang diinginkan, lalu save lagi.
You’re done!
Setelah selesai, anda dapat memantau rank/peringkat secara langsung dari widget Alexa di blog dan juga melakukan cara meningkatkan rank/peringkat Alexa blog.

—————————————–
Important!
Tidak semua subdomain bisa memiliki Alexa rank independen karena memang tidak dibuat sebagai struktur terpisah dari domain induk. Contoh-contoh blog dengan subdomain independen adalah blogger.com, wordpress.com, blog.com, dan lain-lain. Jika anda menggunakan subdomain seperti yg telah disebutkan, anda dapat menggunakan layanan Alexa.
Sedangkan blog-blog dengan subdomain non independen serta bergantung pada domain induk adalah mywapblog.com, multiply.com, dll. Subdomain berjenis seperti yg terakhir memiliki ranking traffic (alexa) yg menginduk pada subdomain, sehingga semua blog akan memiliki alexa rank yg sama. SO, untuk pengguna beberapa layanan blog seperti itu serta masih menggunakan subdomain, saya sarankan tidak perlu mendaftarkan dan memasang widget Alexa. Mengapa? Karena ranking serta detail yg muncul adalah milik domain induk dan bukan milik blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: