Seputar Masalah dan Tips Memanfaatkan Para Auto Blogger RSS Feedburner

Published 3 April 2012 by loewongankerja
  1. Apa itu auto Blogger?
  2. Apa salahnya jadi auto Blogger?
  3. Mengapa ada auto blogger (pemilik auto-blog)?
  4. Pandangan saya tentang auto Blogger…?
  5. Inti: Memanfaatkan para Auto Blogger?
  6. Tips lain?
  7. Masih mau jadi pemilik auto blog (pelakunya disebut auto-blogger)?

Di bagian pertama ini saya ingin memperkenalkan tentang “autoblog”, apa itu auto-blog atau auto blogger? Singkatnya autoblog adalah blog yang telah diseting sedemikian rupa sehingga tanpa (jarang) campur tangan manusia pun akan terus ter-update kontennya. Lho kok bisa? Iya, caranya memang agak licik! si empunya blogauto telah mensetting email post untuk blognya, lalu ia gunakan email tersebut untuk berlangganan/subscribe di suatu blog lalu setiap kali blog yang dilanggani tersebut mempublikasi konten baru, maka autoblog pun akan memiliki konten yang serupa. Apakah sobat belum mendapatkan gambaran? Silakan baca postingan saya tentang “Blogging via email” di mana kita bisa update blog kita via email. Nah, begitu juga dengan masalah berlangganan melalui feedburner, hasil update suatu website yang seharusnya terkirim ke email si pemilik auto-blog malah terkirim ke blog si pemilik auto-blog langsung.

Apa salahnya jadi auto blogger (pemilik autoblog)? Sebenarnya nggak salah kalau yang disetting auto adalah update-an dari blog sendiri yang lain. Yang menjadi masalah adalah, konten yang ditampilkan oleh blog-auto adalah konten milik orang lain! Hal tersebut sama saja dengan plagiator; memosting konten orang lain tanpa izin lalu sama sekali tak ada pikiran “Bagaimana si pemilik asli konten tersebut membuat dan menulis konten tersebut sehuruf demi huruf dengan modal keringat dan memeras otak! + Jari pegal”, singkatnya si auto blogger tinggal terima jadi, si pemilik blog asli yang kerja…lalu si autoblogger yang menikmati hasilnya. (Catatan: Kebanyakan para pemilik konten asli merasa keberatan dengan adanya duplicate content!)

Alasan adanya autoblog sama dengan alasan “mengapa harus beli terigu untuk membuat mie kalau ada mie instan?“. Yupz, betul sekali…itu karena banyak orang yang menginginkan “easy money“, yaitu uang mudah tanpa kerja keras! Dengan sistem autoblog mereka bisa berlangganan ke banyak web yang kemudian konten yang ada di blog si autoblogger akan terus tambah dan selalu update di mana hal tersebut menjadi peluang besar dia untuk mendapatkan trafik yang tidak lain juga akan mempengaruhi jumlah penghasilan dari web/blognya tersebut.

Berhubungan dengan masalah ini, saya pribadi memiliki pandangan khusus tentang autoblogdan bagi para auto-blogger! Hanya satu kata saja “SAMPAH“, yupz…agak kasar memang, tapi saya lebih kasihan kepada para blogger sejati yang memang hasil tulisannya berasal dari pikiran dan hati. Saya pribadi tidak begitu merasa berat untuk mengeluarkan komentar yang keras tentang autoblog, ini mengingat “karena mereka juga tidak keberatan untuk membajak konten blog orang lain tanpa izin dan tanpa melalui cara yang syah/benar“.

Ada beberapa sobat Blogger yang mempertanyakan “Adakah cara memanfaatkan para auto blogger?“, saya jawab “ADA!“. Sebenarnya…pada dasarnya autoblog masih kalah kedudukannya di SERP jika dibandingkan dengan sumber asli konten yang telah dipublis ulang (nb: kekuatan SEO suatu web/blog juga berpengaruh, jadi bisa saja yang tulisan asli malah kalah dengan yang hasil auto/copy-paste). Akan tetapi hal ini mengenai hak cipta dan karya! Namun bagi sobat yang ingin mengambil untung dari autoblog, maka bisa diakali dengan “menyisipkan link blog kita di dalam beberapa kata atau gambar dalam postingan kita“, maka dengan begitu…link kita juga akan secara otomatis dipublikasi di blog si pemilik autoblog. Hasilnya: ada kesempatan mendapatkan trafik dari autoblog dan lumayan buat menambah jumlah backlink ke blog kita.

Tips lain? Sobat bisa mensetting agar hasil kiriman dari feedburner sobat yang terkirim ke autoblog hanya merupakan ringkasan dari isi postingan kita. Untuk mensetting fitur tersebut silahkan pergi ke feedburner => klik feed blog anda => lalu klik “Optimize” => pilih “Summary Burner“, di menu tersebut sobat bisa mensetting agar yang terkirim ke email/blog auto hanyalah ringkasan dari postingan anda yang selanjutnya akan diikuti oleh link URL sobat (sobat harus menyertakannya secara manual tanpa menggunakan kode HTML, ex:t4belajarblogger.blogspot.com)

Lalu berikut contoh tampilan “Summary Burner“:

Masih ingin menjadi pemilik auto-blog? Setelah mengetahui apa itu auto-blog, apakah sobat masih tertarik untuk menjadi seorang pemilik auto-blog? Hanya hati sobat sendiri yang tahu jawabannya masing2. Yang penting agar sesuatu bisa berjalan dengan baik dan bisa diterima publik, segala sesuatu tersebut harus berada di rel kode etik. Semoga postingan sederhanya ini bermanfaat bagi kita semua, amieeen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: