Memproteksi Pc Dari Virus

Published 15 Maret 2012 by loewongankerja

Kali ini saya akan mencoba berbagi tips memproteksi PC / CPU dari serangan virus. Anda yang awam akan virus pasti merasa seram ataw ngeri dengan kata ini, ya virus merupakan ancaman bagi sistem ataupun data dikomputer, tak ada satu antivirus pun yang dapat menjamin komputer dari serangan virus. Mungkin kita merasa bahwa pc kita aman dari serangan virus akan tetapi virus selalu mengintai pc anda, baik secara langsung ataupun secara bertahap.

Mari kita bahas pencegahan virus ini secara santai dan tanpa rasa tegang…

Instalah Antivirus karena tanpa antivirus mana mungkin PC bisa aman dari Virus. Saya menyarankan hanya satu antivirus luar jangan dua ataw lebih dalam menggunakan antivirus, karena selain antivirus itu bisa bentrok satu dengan yang lain dan juga membuat performa pc anda menjadi lambat, karena disebabkan terlalu banyak makan memori. Tidak ada jaminan bahwa antivirus luar yang banyak terinstall di pc anda akan aman dari serangan virus. Gunakanlah antivirus yang mendapat 10 predikat antivirus terbaik didunia. Anda bisa dilihat disini daftar Top 10 Antivirus 2010. Tapi saya sarankan gunakanlah yang free bagi anda yang tidak mempunyai financial yang banyak.
Rajinlah mengupdate varian antivirus dari antivirus yang anda gunakan, akan sangat percuma walaupun anda menginstall antivirus terbaik pun tanpa di update, karena setiap saat muncul varian2 virus yang tersebar di dunia komputer.
Duetkanlah Antivirus luar dengan antivirus lokal dalam hal ini saya menyarankan SMADAV sebagai pendamping. Karena selain performa yang baik dan menscan sangat cepat, antivirus lokal ini juga sangat ampuh menghapus virus2 lokal yang tidak terdetek oleh antivirus luar.
Matikan autorun pada pc dengan cara klik START pada Desktop – RUN ketikan gpedit.msc klik Ok. Pada computer configuration Pilih Administration Template – pilih system cari tulisan Turn Off Autoply di sebelah kanan double klik, Pilih enabled pada Turn Off autoply. Pada drop down Turn Off Autoply On pilih All Drives. Lakukan hal yang sama pada User configuration. Ini dilakukan untuk mempersempit celah virus masuk ke PC melalui autorun. Karena sebagian virus tersebar lewat autorun di pc.
Curigalah terhadap file yang tidak anda kenal, kalau perlu lihat lah file tersebut, misal saya mengambil contoh pada file mp3 coba klik kanan pilih properties lihat type of filenya apakah berbentuk mp3 format atau bertype lain, biasanya virus bisa berbentuk macam2 dalam hal ini file mp3 bisa berbentuk .exe atau type of filenya berbentuk Aplication. Jangan asal klik cermatlah dalam melihat format pada file anda, karena sebagian besar penyebaran virus yang tersebar didasari pada saat user/pengguna pc mengklik file yang mereka tidak tawu kalau sebenarnya yang mereka klik adalah virus.
Bagi anda yang suka mencolok flasdisk/USB entah di pc teman ataupun warnet saya sangat menyarankan untuk menscan terlebih dahulu USB anda sebelum dicolokan ke pc pribadi anda. Begitu juga dengan cd karena tak ada jaminan cd bebas dari virus, memang virus di cd tidak bisa dihapus seperti pada usb tapi ini salah satu proteksi bagi pc pribadi anda. Bila antivirus anda mendetek virus di cd tersebut sebaiknya jangan anda gunakan cd tersebut bila tidak ingin mengambil resiko.
Kalau anda ingin lebih ekstrim lagi dalam melindungi system di pc anda gunakanlah deep freeze, tapi untuk yang satu ini saya tidak terlalu menyarankan karena akan merepotkan anda dalam menginstal software, game, ataupun yang lainnya karena harus membuka terlebih dahulu deep freeze tersebut.
Pada PC Kantor/Perusahaan mungkin lebih hebat lagi dalam menjaga pc mereka dari serangan virus yang terpusat pada pc server. Dalam hal ini saya hanya membahas tentang kantor/perusahaan kecil ataupun menengah karena kalo kantor apalagi perusahaan besar sudah tentu ada bagian IT yang khusus untuk menangani hal ini, nanti dikira saya sok tawu.. heee
Pada pengguna pc kantor ada baiknya anda membaca point yang sebelumnya, bagi pekerja ataw pemilik kantor system di pc/server bukanlah masalah pada mereka karena bagi mereka semua itu bisa dibeli akan tetapi bagi pemilik kantor/perusahaan bagi mereka yang terpenting adalah data karena ini menyangkut tentang data perusahaan ataupun data klien, saat ini pc dikantor sebagian besar terhubung ke internet, celah inilah yang paling sering digunakan oleh pihak pesaing kantor/perusahaan tersebut yang tentunya dalam hal ini ingin mencuri ataupun mengacak-acak istilah sederhananya data yang ada dikantor/perusahaan tersebut. Biasanya para pesaing menyewa “Hacker” untuk membobol pc/server kantor anda. Banyak trik yang biasa digunakan oleh para hacker dalam hal ini biasanya menggunakan modus Trojan. Trojan adalah sebuah virus yang tidak merusak system. masuk melalui celah keamanan ataupun kelemahan yang ada dikantor anda. Para hacker yang sudah bisa masuk ke pc server bisa memonitoring apa yang dilakukan/dikerjakan oleh pengguna pc dan yang paling ekstrim lagi adalah data2 pada file pc server dirubah, dihapus atau diacak-acak sesuka hacker tersebut.
Gunakanlah antivirus yang khusus dalam hal ini antivirus yang terdapat fasilitas internet security untuk meminimalisir searangan virus yang ingin membobol pc server kantor anda. Antivirus ini juga sangat lengkap dibandingkan dengan antivirus yang free karena banyak feature2 protection yang ada di antivirus jenis ini.
Aktifkan selalu firewall pada pc server di kantor anda.
Mungkin segitu dulu tips dari saya tentang pencegahan virus, semoga ini bisa bermanfaat untuk teman2 dalam mengamankan komputer kalian. Saya menulis tips ini bukan karena saya sangat ahli dalam hal ini, karena saya tawu bahwa varian virus selalu berkembang setiap saat mencari kelengahan anda. Walaupun banyak orang telah tawu cara penyebaran virus itu sendiri tapi bwat saya virus adalah suatu misteri yang mungkin anda dan saya sudah tawu tetapi virus akan selalu ada dan selalu berkembang apalagi saat ini banyak buku, ebook ataupun forum yang membahas tentang seluk beluk pembuatan dan penyebaran virus dan sejenisnya. Ada yang mengatakan bahwa lebih dulu lahir virus dari pada antivirus. Yang bisa kita lakukan adalah pencegahan, bukankan pencegahan itu lebih baik dari pada mengobati…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: